ViktallicA

Just Another Indonesian Blog

SE W960i Musik dan Wi Fi Jadi Andalan

Written by Satria on 10:36 PM


Kehadiran ponsel dengan memori internal hingga 8Gb bukanlah hal baru. Tapi bagi penikmat musik itu sesuatu yang istimewa. Bagaimana tidak, ribuan koleksi lagu bisa disimpan dan dinikmati saat mobile tanpa perlu menambahi kartu memori. Tak berlebihan bila kemudian Sony Ericsson, vendor yang getol merilis ponsel walkman seri W, juga merilis ponsel bermemori besar. Lewat seri W960i, pecandu ponsel walkman rasanya bakal terpuaskan oleh sajian musik favorit.

Selain mengunggulkan musik, Sony Ericsson membekali sejumlah fitur mutakhir seperti akses internet Wi-Fi, 3G, kamera 3,2 Mpix, hingga sistem operasi Symbian. Begitupun untuk konsep antarmuka, tersedia layar sentuh yang bisa dikendalikan dengan jari tangan ataupun stylus. Khusus untuk menu walkman, kita bisa menggerakkan dengan menyapu ujung jari seperti dikenalkan oleh iPhone atau LG Viewty.

DESAIN
W960i tidak menggunakan layar sentuh sepenuhnya karena tersedia tombol numerik yang ukurannya cukup besar buat jari. Cover ponsel protitipe yang diuji Selular terbuat dari plastik dengan warna hitam baik cover depan dan belakang. Di cover warna hitamnya dibuat mengkilat (glossy) dan simbol W di bawah layar menjadi simbol seri ini adalah ponsel walkman. Yang menarik, Sony Ericsson menyediakan jog dial di sisi kanan untuk mempermudah navigasi. Jog dial ini bisa difungsikan dengan memutar ke atas dan bawah serta ditekan yang fungsinya sama dengan OK.

LAYAR
Seperti seri W sebelumnya yakni W950i, W960i menggunakan layar sentuh. Tersedia stylus transparan yang tersembunyi di sudut belakang atas back cover. Respon layar sentuh ini termasuk baik, karena meski tidak disentuh dengan stylus tapi dengan ujung jari, berbagai menu bisa diakses. Bahkan untuk fitur Walkman 3.0, misalnya, ketika ingin menyeleksi lagu, penyanyi atau album, kita bisa menyapukan ujung jari ke layar. Kalaupun tidak familiar dengan layar sentuh, masih ada tombol untuk membantu akses ke berbagai menu seperti berkirim SMS.

KEYPAD
Dengan ukuran tombol numerik masing-masing 0,6 x 1,5 cm, tombol-tombol tersebut termasuk nyaman saat dipencet. Selain tombol numerik, W960i menyediakan tombol langsung ke fitur walkman dan shutter camera di sisi kiri ponsel. Sedikit di atas jog dial, Sony Ericsson menyediakan lubang khusus metalik sebagai tempat neck strap, bila ingin bergaya berkalung ponsel ini.

USER INTERFACE
Seri ini menggunakan sistem operasi Symbian UIQ 3.0 yang biasa digunakan oleh ponsel Sony Ericsson jenis smartphone. Dengan bekal ini, antarmuka yang disediakan tidak terlalu berbeda dengan Sony Ericsson P1i misalnya, yang memungkinkan kita bisa mengubah tampilan view dari bentuk ikonik (grid) menjadi lajur ke bawah (list)

MUSIK
Inilah unggulan fitur seri walkman. Dengan memori internal 8Gb, bila itu diisi semua dengan lagu format MP3, bisa menampung hampir dua ribu-an lagu berukuran masing-masing 4 Mb. Dari sisi kapasitas ini memang menggiurkan pecinta musik. Selain kapasitas, dukungan fitur walkman yang komplet mulai dari Megabass, pengaturan equalizer, hingga pengaturan visualisasi dan mood. Bila menggunakan speaker, suara yang muncul cukup jernih meski tidak terlalu istimewa. Lebih baik gunakan headset bila menginginkan suara yang muncul jernih dan terasa nyaman di telinga. Sarana hiburan audio lain adalah radio FM, dengan fasilitas standar yakni pemindai stasiun otomatis. Sementara untuk antena, masih mengandalkan headset yang dicolokkan dan berfungsi sebagai antena.

KAMERA
Kamera W960i memiliki dua fungsi yakni pemotretan dan rekam video. Untuk pemotretan, ada sejumlah fitur yang bisa dimanfaatkan seperti dobel flash, effect, hingga pemotretan makro. Dari pengujian, gambar yang dihasilkan untuk resolusi maksimal terbilang oke. Pengguna juga bisa leluasa dengan hasil foto ini apakah ingin dikirim langsung via bluetooth atau dipermak menggunakan software editing Photo DJ. Pada fungsi perekaman video, bila kondisi ruang penyimpanan kosong, durasi rekam bisa berjam-jam. Hasil rekaman termasuk baik, dengan sedikit ada delay. Selain playback, fasilitas video ini bisa menyetel beragam format video seperti MPEG-4,H.263, H.264, WMV9, dan format real media.

INTERNET
Akses ke dunia maya bisa dilakukan dengan berbagai cara. Selain lewat jaringan operator 3G, W960i juga menyediakan akses via Wi-Fi. Untuk akses operator, telah tersedia setting otomatis. Sementara untuk Wi-Fi, saat dicoba masuk ke hotspot internal Selular, perangkat ini responnya cepat. Ketika dicoba masuk ke situs Selular (www.selular.co.id) dalam waktu 40 detik, sudah berhasil membuka situs tersebut. Halaman format xHTML memungkinkan dibuka sehingga tampilan layar tidak berantakan ketika membuka situs penuh gambar.

KONEKTIVITAS
Keterhubungan dengan perangkat lain bisa melalui jalur nirkabel bluetooth. Saat dicoba mengirimkan dan menerima file dari perangkat lain berjalan lancar. Umpamanya, menerima satu file MP3 berukuran 4Mb butuh waktu hanya semenit untuk mentransfernya. Sedangkan ketika dicoba mengirimkan hasil foto ke komputer via bluetooth dengan ukuran 290 Kb, butuh waktu sekitar 33 detik saja.

BATERAI
Dengan seabreg fitur, W960i tentu menguras baterai. Sony Ericsson menyadari hal ini dan membekali dengan baterai BST-33 Li-Polymer 900 mAh. Dari pengujian, setelah diisi full dan disetel terus menerus untuk musik selama 5 jam, baterai hanya berkurang tipis. Boleh jadi ini karena ponsel yang diuji adalah prototipe meski di situs resminya Sony Ericsson mengklaim baterai W960i mampu bertahan hingga 9 jam waktu bicara atau 370 jam waktu siaga (di jaringan GSM).

KINERJA
Untuk fungsi telepon, W960i menunjukkan kinerja yang bagus. Terbukti ketika digunakan untuk menelpon, penerimaan suara berjalan baik. Begitu pula ketika digunakan untuk melakukan panggilan video call, suara dan gambar termasuk bagus meski ini juga bergantung dari kondisi jaringan operator 3G.

Related Posts by Categories



Widget by Hoctro | Jack Book
  1. 0 comments: Responses to “ SE W960i Musik dan Wi Fi Jadi Andalan ”

Gratisan Blog

About Me

I am just another fans of