ViktallicA

Just Another Indonesian Blog

Satu Sentuhan Langsung ke Menu

Written by Satria on 11:13 PM


Tetap menjanjikan sebagai perangkat ponsel cerdas bertenaga. Shortcut button ke beberapa menu terpampang di layar dan dioperasikan cukup dengan satu sentuhan. Asus menamakan konsep seperti itu dengan nama Glide.

Asus tampaknya makin pede saja bermain di pasar dalam negeri, khususnya untuk segmen ponsel cerdas. Tengok saja, kini mereka tengah mempersiapkan seri terbaru untuk diluncurkan di sini. Seri baru tersebut adalah P552w, sebuah PDA phone tanpa keyboard atau keypad, dan sepenuhnya mengandalkan layar sentuh untuk operasional menu.

Namun dibanding dengan dua seri lain yang sudah duluan hadir, seri baru ini tampaknya diposisikan sedikit di bawah kedua seri pendahulu tersebut. Itu terlihat dari kualitas kamera dan kualitas layar, yang tak sebagus para saudara tuanya itu. Tapi untuk kelengkapan fitur, nyaris tak ada beda. Ditambah dengan fitur Glide, yakni, fitur yang mengoptimalkan teknologi layar sentuh untuk memfungsikan ponsel hanya dengan satu sentuhan jari saja.

DESAIN
Seri baru ini mengambil bentuk dan tampilan mirip seri terdahulu, khususnya yang dari serial “P”. Sebuah bar dengan sudut-sudut oval yang membuatnya tampak luwes. Tapi tak mengurangi kesan menterengnya, yang didapat dari penggunaan bahan plastik dove hitam untuk bodynya. Material bodynya sendiri cukup baik, yang sebenarnya terbuat dari bahan plastik komposit namun terkesan seperti bahan karet.
Pengujian: Memegang, menggenggam dan mengoperasikan ponsel.
Nilai: 3,3
Catatan: Sebenarnya tampilannya mirip salah satu seri HTC Touch, yang juga sama-sama berasal dari Taiwan

LAYAR
Tanpa dilengkapi keypad, jelas layar menjadi andalan utama untuk tatap muka pengguna. Ukuran layar sudah memadai untuk sebuah perangkat yang menumpukan interkasi tatap muka pengguna hanya lewat layar saja. Respon layar sentuh juga baik. Sebenarnya bisa menggunakan jari, namun lebih baik menggunakan stylush pen yang memang sudah disediakan untuk keperluan itu. Meski sama-sama menggunakan TFT 65 ribu, tapi kok kenapa kualitas tampilan seri ini tidak sebagus dua seri pendahulunya.
Pengujian: Menelusuri menu, mengaktifkan menu.
Nilai: 3,3
Catatan: Bahkan ketika layar dilapisi pelindung, respon layar sentuh masih cukup baik.

VIRTUAL KEYPAD
Memang harus membiasakan diri menggunakan keypad yang dioperasikan stylush pen. Namun ada bantuan dari trancriber dan handwriting recognation. Akurasi handwriting recognationnya lumayan bagus untuk kata dalam bahasa Inggris, namun suka salah kalau ditulis dalam bahasa Indonesia. Transcriber juga begitu, cukup akurat mengenali kata dalam bahasa Inggirs, namun bingung ketika disuruh mengenali kata dalam bahasa Indonesia.
Pengujian: Menulis pesan pendek dengan stylush pen, handwriting dan transcriber
Nilai: 3,3
Catatan: Proses pengenalan kata (transcriber) cukup cepat.

MOBILE OFFICE
Didukung sistem operasi Windows Mobile 6.1, ponsel ini sudah dilengkapi fitur pendukung kerja kantoran. Ada Word, OneNote Mobile, dan Excel, yang bisa digunakan untuk membuat dokumen baru atau mengedit dokumen kiriman. Ada ClearVue PDF dan power point, yang hanya bisa dipakai untuk membaca saja (tidak bisa fungsi edit).
Pengujian: Membuat, mengedit dan membaca berbagai dokumen
Nilai: 3,5
Catatan: Memang agak melelahkan membuat teks dokumen dengan virtual keyboard

MESSAGING
Enaknya menggunakan sebuah smartphone seperti ini adalah fasilitas messaging yang lengkap. Mulai dari pesan teks sederhana hingga ke email dan instant messaging. Fungsi-fungsi messaging ini berjalan baik, terutama ketika mendapat sinyal 3G, sehingga mengirim dan menerima dan membuka email bisa selancar jalan tol. Persoalan ada pada keyboar yang virtual, yang tak memungkinkan menulis pesan dengan cepat.
Pengujian: Membuat dan mengirim pesan email
Nilai: 3,5
Catatan:

INTERNET
Pengguna tak perlu repot untuk koneksi internet, karena ponsel ini sudah dilengkapi setting otomatis. Dengan dukungan HSDPA, mestinya koneksi internet bisa berlangsung mulut dan cepat. Saat uji coba, koneksi yang didapat hanya sebatas 3G (maks.384 kbps). Ini memang persoalannya, karena belum semua tempat sudah tercover sinyal 3G/HSDPA.
Pengujian: Membuka situs www.selular.co.id
Nilai: 3,3
Catatan: Meski sudah dibekali jaringan 3G, ponsel ini tak bisa dipakai video call

KAMERA
Dibekali kamera berkapasitas 2 Mpix. Lebih rendah dibanding dua seri yang sudah duluan diperkenalkan. Fasilitas pendukung fitur imajingnya juga lebih sedikit. Tidak punya mode macro. Hasil pemotretan juga tidak sebagus seri P565 dan seri ( ) tersebut. Hasil foto yang ditampilkan di layar juga kurang optimal, karena tampilan layarnya kurang setajam dua seri terdahulu.
Pengujian: Memotret obyek bunga, out door dan cuaca cerah
Nilai: 2,8
Catatan: Terdapat setelan resolusi otomatis untuk keperluan MMS

Kinerja
Ponsel cerdas satu ini memiliki kinerja lumayan baik. Fitur-fitur yang ada berjalan baik tanpa hambatan. Prosesornya juga bekerja sempurna, karena hampir tak pernah hang meski menjalankan sejumlah aplikasi sekaligus. Bisa memaksimalkan fungsi messaging dengan dukungan jaringan 3G/HSDPA, yang sayangnya tak sekalian dibekali kemampuan video call. Fitur koneksinya juga bekerja baik.

Kinerja Baterai
Data dari vendor menyebutkan baterainya mampu mendukung waktu siaga untuk jaringan GSM selama 250 jam dan waktu bicara 5 jam.
Namun dalam pengujian, dalam posisi baterai terisi penuh dan dipakai standby tanpa diaktifkan sedikitpun, hanya bertahan selama 80-an jam saja.

Related Posts by Categories



Widget by Hoctro | Jack Book
  1. 0 comments: Responses to “ Satu Sentuhan Langsung ke Menu ”

Gratisan Blog

About Me

I am just another fans of