ViktallicA

Just Another Indonesian Blog

REVIEW Sony Ericsson C905

Written by Satria on 11:28 PM


Cybershot 8 Mpix Full Hiburan

Ini salah satu kamera ponsel dengan resolusi tertinggi di pasaran saat ini. Selain itu sederet fitur hiburan mutakhir, sensor gerak untuk bermain game dan GPS ikut melengkapi.

Desain Sony Ericsson C905 memang disasar sebagai ponsel kamera berkelas. Buktinya, material pembungkus bagian belakang ponsel berbalut dof agar nyaman di genggaman. Sederet tombol-tombol fungsi fotografi dibuat untuk memudahkan saat digunakan memotret. Itu terlihat dari letak tombol shutter, zoom in/out, switching fungsi rekam video/foto dan tombol ke galeri yang mudah dijangkau. Ditambah dengan tombol navigasi yang dijadikan shorcut untuk mode macro, exposure, lighting dan timer, sehingga memudahkan untuk setting optimalisasi.

Keseriusan Sony Ericsson menggarap Seri C905 tidak hanya memberi kenyamanan saat melakukan proses pemotretan, tapi juga melengkapinya dengan sejumlah fitur fotografi, multimedia dan GPS. Fitur pendukung fotografi yang cukup menarik ditawarkan adalah BestPic, stabiliser, red-eye reduction, Smart Contrast, Face Detection, Geo tagging dan Panorama. Berikut penelusuran fitur-fitur lainnya hasil eksplorasi tim SELULAR.

LAYAR
Resolusi layar ponsel ini berukuran 320 x 240 pixel dan memiliki ketajaman 262.144 warna. Dengan spesifikasi ini sudah cukup untuk menampilkan gambar foto dan video yang cukup jernih. Apalagi jika file foto dan video memiliki kualitas yang bagus, layar ponsel ini bisa mengimbanginya. Contohnya saat menampilkan gambar pemandangan screen saver default, terlihat sangat jernih.
Pengujian: menampilkan foto hasil jepretan kameranya dan memutar video hasil rekaman ponsel ini
Nilai: 3,8
Catatan: kejernihan layar berpengaruh pada konsumsi baterai

FOTOGRAFI
Maksimum ukuran foto yang dihasilkan adalah 3264 x 2448 pixel, tapi masih ada pilihan untuk setting kualitas yang lebih rendah yaitu, 5 MP, 3MP dan VGA. Bagi pemula tak ada salahnya mencoba mengutak-atik fitur optimalisasi fotografi sesuai dengan kondisi objek foto. Misalnya untuk mengambil objek jarak dekat, agar lebih maksimal kita bisa setting macro mode. Atau saat memotret orang kita bisa setting face detection, agar wajah orang tersebut tampil maksimal.
Pengujian: Memotret dengan optimalisasi beberapa fitur fotografi, seperti macro, face detection dan geo tagging.
Nilai: 3,4
Catatan: Pada kondisi outdoor dan cuaca cerah dengan setting default, menghasilkan foto yang bagus.

VIDEO RECORDING
Merekam video dengan ponsel ini bak merekam dengan mini camcoder andalan James Bond. Saat merekam video, kita dapat melakukan fungsi zoom in dan zoom out dengan tombol yang mudah dijangkau. Bila kita ingin merekam momen bersama teman atau kerabat kita bisa letakkan ‘mini camcoder’ ini di meja atau tempat yang tepat, lalu kita bisa bergaya bersama dengan mengaktifkan timer terlebih dahulu.
Pengujian: merekam video sambil berjalan
Nilai: 3,1
Catatan: resolusi maksimum hanya 320 x 240 pixel. Dapat langsung diedit hasil rekam videonya dengan fitur Video DJ.

MUSIC PLAYER
Selain foto dan video, fasilitas musik melengkapi seri ini. Kita bisa membuat suasana hingar bingar dengan ponsel ini. Suara musik yang keluar dari lubang speaker, jika digeber dengan volume maksimal cukup mantap hingga 97.8 dB. Tak ada terdengar suara sember atau pecah, itu berkat dukungan optimalisasi Mega Bass, dan setting equalizer lainnya khas Sony Ericsson.
Pengujian: memutar lagu ber-genre rock dengan volume maksimum
Nilai: 3
Catatan: tak ada port 3,5mm di ponsel dan tombol shorcut music player

INTERNET
Tak sulit untuk bermain-main di ranah maya, dengan browser Netfront cukup nyaman melihat halaman web. Kita bisa atur halaman web agar tak perlu scrolling ke kanan dan kiri dengan pilihan smart-fit (option>advanced>smart fit>on). Selebihnya kita hanya perlu scrolling ke atas atau ke bawah. Untuk koneksinya ada dua pilihan, yaitu lewat jalur operator (GPRS/3G/HSDPA) dan hotspot WiFi yang kini banyak terdapat di cafe dan mal.
Pengujian: browsing dengan koneksi WiFi dan 3G.
Nilai: 3,6
Catatan: Ada beberapa pilihan untuk meliahat halaman web, seperti zoom dan text only.

PLAYNOW™
Fitur ini merupakan semacam portal untuk belanja musik, games, ringtone dan theme. Barang belanjaan digital ini patok dengan kurs rupiah (IDR), sebagai satu contoh lagu Kok Gitu Sih penyanyi Dewiq featuring Indra Bekti dipatok dengan harga Rp.8.800,- Belanja musik digital di dunia maya tak ubahnya di toko musik, kita bisa mendownload preview lagu tersebut secara gratis.
Pengujian: mendownload preview lagu tersebut dengan ukuran 647kb.
Nilai: 4
Catatan: membutuhkan koneksi internet

GPS DAN GOOGLEMAP
Fitur GPS dan Google Maps dapat ditemuni pada menu Locations Service. Dari menu ini terdapat sub menu lagi yaitu Google Maps, Navigation (Wayfinder Navigator), My Favourites, Status Info, Log dan Settings. Sinyal satelit dapat dengan mudah diterima oleh modul GPS, membutuhkan waktu hanya beberapa detik saja saat cuaca cerah. Sayangnya Google Maps tidak terlalu detil menampilkan peta suatu lokasi di Jakarta, sedangkan mode satelit view kurang maksimal untuk panduan alamat.
Pengujian: mencari sinyal satelit di sore hari, dengan kondisi cuaca cerah
Nilai:3,5
Catatan: mode satelite view lebih banyak menyedot data, peta Jakarta kurang update.

MESSAGING
Mengirim SMS dapat lebih kreatif dan berkesan. Karena barisan kalimat pesan yang sudah kita tulis dapat ditambahkan emoticon. Sedangkan untuk membuat account email sangat mudah dengan setting wizard. Dalam beberapa langkah saja kita bisa ciptakan account email di ponsel ini hanya dengan memasukkan username dan password. Setelah itu kita bisa mengirim dan menerima email lewat ponsel.
Pengujian: membuat aku email Gmail dengan setting wizard.
Nilai: 3,5
Catatan: proses setting account email cukup cepat dan mudah.

RADIO FM
Untuk dapat menikmati siaran radio terlebih dahulu harus mencolok earset sebagai antena. Yang berbeda dari Radio FM di ponsel selain Sony Ericsson adalah adanya fitur Track ID. Dengan fitur ini sebuah lagu yang diputar dapat dikenali judul lagu dan penyanyinya. Dilengkapi sarana untuk mencari stasiun radio secara otomatis dan menyimpannya hingga 20 channel.
Pengujian: mencari stasiun radio secara otomatis dan menyimpannya.

Related Posts by Categories



Widget by Hoctro | Jack Book
  1. 0 comments: Responses to “ REVIEW Sony Ericsson C905 ”

Gratisan Blog

About Me

I am just another fans of