ViktallicA

Just Another Indonesian Blog

Game Komputer & Internet Bikin Gemuk

Written by Satria on 10:15 PM

Game komputer, internet, dan situs jejaring sosial akan membuat orang betah berlama-lama di depan komputer. Tanpa disadari hal ini mengubah cara kerja otak. Percaya atau tidak, kebiasaan ini akan meningkatkan risiko kegemukan.

Pernyataan ini memang terdengar sedikit lucu. Namun nyatanya seorang ahli bernama Lady Grrenfield, Direktur Royal Institution mengatakan bahwa sering menghabiskan waktu di depan komputer dalam jangka waktu lama dan terus menerus dapat membuat otak menjadi kekanak-kanakan. Demikian keterangan yang dikutip dari Telegraph, Rabu (13/5/2009).

Secara lebih spesifik Greenfield menyebutkan kegiatan di depan komputer yang berpotensi menggemukkan badan adalah ketika seseorang terlalu asyik bermain game, berselancar di dunia maya, dan mengekses situs jejaring sosial.

Greenfield memberikan contoh, ketika seorang anak larut dalam keasyikan bermain game komputer, mereka akan terus menerus bermain dan lupa waktu.

Hal ini akan mengakibatkan mereka mengonsumsi banyak makanan secara terus menerus atau memakan makanan yang tidak sehat tanpa memikirkan konsekunsinya.

"Bagian otak tertentu pada akhirnya akan terbiasa memerintah kegiatan ini. Lama kelamaan akan menjadi kebiasaan dan membuat seseorang menjadi gemuk," kata dia.

Lebih lanjut, Greenfield menyarankan agar siapapun tidak terlalu lama berada di depan komputer. "Jika Anda membiarkan dengan berbagai kebiasaan itu, secara perlahan Anda membuat fungsi otak perlahan-lahan menjadi mengecil,"

Hasil studi lain menyatakan, jika bagian otak pre-frontal cortex tidak berfungsi normal akan mengakibatkan bagian tersebut kurang aktif. Hal ini menyebabkan seseorang sering ceroboh dan melakukan banyak tindakan berisiko. Hal ini rupanya dialami oleh orang-orang gemu

Related Posts by Categories



Widget by Hoctro | Jack Book
  1. 0 comments: Responses to “ Game Komputer & Internet Bikin Gemuk ”

Gratisan Blog

About Me

I am just another fans of